Monday, February 25, 2013

Lebah Memecahkan Masalah Matematika Yang Multi Kompleks


Lebah memecahkan masalah matematika yang multi kompleks dalam sekejap, dibandingkan dengan komputer yang dapat memakan waktu lebih lama. Sebuah penelitian menunjukkan, serangga ini mampu memecahkan masalah salesman keliling”, mencari rute terpendek antara dua titik yang dipilih secara acak, tidak seperti hewan lainnya, selain manusia, kata para ilmuwan.

Komputer memecahkan masalah dengan membandingkan panjang semua rute mungkin dan memilih satu terpendek, kata jurnal American Naturalist. Tapi lebah berhasil menggunakan pemecahan yang sama hanya menggunakan otak seukuran benih rumput, lapor Daily Mail.

Nigel Raine, dari School of Biological Sciences di Royal Holloway, Universitas London, mengatakan : aktivitas lebah dalam mencari makan, telah memecahkan masalah traveling salesman setiap hari.

Mereka mengunjungi bunga di beberapa lokasi, dan karena lebah menggunakan banyak energi untuk terbang, mereka menemukan rute yang minimum agar terus terbang.

Tim Raines menggunakan bunga buatan yang dikendalikan komputer untuk menguji perilaku lebah. Setelah menjelajahi lokasi bunga, lebah cepat menemukan rute terpendek.

Belajar dari bagaimana lebah memecahkan masalah salesman keliling dengan otak sekecil itu, kita dapat menemukan manajemen yang lebih baik dari informasi internet, lalu lintas, rantai pasokan bisnis dan aspek lain dari kehidupan modern.


Sumber : tidak diketahui

No comments:

Post a Comment